MENULIS APA YANG INGIN DITULIS...DAH GITU AJA.

Powered by Blogger.

Tuesday, January 16, 2018

Menulis Hal Yang Biasa Menjadi Luar Biasa Lakukan Sekarang Juga Jangan Ditunda-Tunda


Menulis Hal Yang Biasa Menjadi Luar Biasa Lakukan Sekarang Juga Jangan Ditunda-Tunda

Salam Hangat 


Bingung mau menulis apa ?, padahal  kedua tangan sudah siaga bersiap menyusun kata-kata, lama berfikir untuk memulai kalimat pertama tapi dirasa kurang mengena, beralih ke kata lain untuk mengawali pragaraf pertama, gak enak bacanya,  memilih kata menjadi kalimat pembuka kagak nyambung jadinya, alhasil akhirnya gagal juga, 

Kejadian-kejadian diatas sering datang menghampiri saya, efeknya luar biasa, rasa malas menyergap, menulis jadi tertunda kalau situasinya sudah begini, gagasan yang tadinya nyangkut di kepala lenyap seketika.

Laptop bisa ditinggal untuk sementara, parahnya bisa dalam jangka waktu lama, akibatnya ketika mau menulis lagi, isi kepala harus memulai mengolah dari mula.

Terus solusinya bagaimana..?

Menulis ternyata butuh sikap luar biasa, tantangan terberat justru pada saat akan memulai, topik yang akan diangkat sering berputar-putar dulu di kepala, saking lama berputar putar akhirnya lenyap ke angkasa. Sebagai pemula mestinya kita tahu bahwa kalau tidak dipaksa kapan menjadi bisa, sehingga menjadi terbiasa, tapi untuk melakukan itu butuh mental prima. 

Paksa Supaya Bisa Sehingga Menjadi Terbiasa

1. Apa Ketertarikan Kita


Menulis Hal Yang Biasa Menjadi Luar Biasa
Tapi terkadang kita juga perlu bantuan orang lain. Sebagai pemula perlu daya dorong yang bisa memperkuat mental kita.

Tidak sedikit penulis-penulis sohor yang bisa memberikan energi bagi amunisi kita, sebut saja para pengarang hebat yang karya-karyanya melegenda, bahkan mampu berkibar di tingkat dunia. Awalnya mungkin mereka melakukan aktifitas menulis itu biasa-biasa saja.

Saya percaya bahwa bakat turut andil mempengaruhi, tetapi kemauan yang hebat dan semangat  menyala adalah baranya.

Siapa tahu dari hasil membaca dari karya-karya mereka, kita bisa menemukan passion yang jadi tujuan kita. Nah bila sudah dapat segera ikat saja passion itu lalu tulislah segera, jangan ditunda-tunda, kelamaan ditunda bisa busuk jadinya.

Kita harus percaya bahwa dari pengetahuan yang kita miliki pasti ada lah satu atau dua topik yang bisa diangkat sesuai dengan passion Anda, contoh, Anda sangat bergairah dengan dunia petualangan mendaki gunung misalnya, nah segeralah hiasi halaman-halaman blog Anda dengan kisah-kisah  mendaki gunung, pasti akan banyak peristiwa – peristiwa menarik terekam di dalamnya.

Perkara tulisannya menarik atau tidak, itu nomor dua, yang penting passion Anda tidak menguap begitu saja, saya yakin pasti Anda bisa, persis ketika tulisan ini sedang dibuat, saya punya passion ingin menulis, ya menulis apa saja bahkan tanpa tema yang terencana

Coba Anda lihat sudah berapa kata yang saya buat. Menarikah tulisannya ?, saya yakin enggak, tapi paling tidak saya sedang memelihara passion untuk bisa menulis apa yang saya suka.

Dengan semakin seringnya kita menuliskan topik mendaki gunung misalnya, secara tak sadar Anda akan lebih mahir di bidang itu. “Sebab, Anda akan membicarakan dan meng-update pengetahuan mengenai hal itu setiap hari

Menulis di blog juga bisa dijadikan sharing pengetahuan dan juga berbagi pikiran dan perasaan, maka dengan demikian bila menulis itu dilatih terus menerus siapa tahu akan meningkatkan kemampuan ngeblog kita

2. Memperkaya Wawasan


Menulis Hal Yang Biasa Menjadi Luar Biasa
Dunia internet itu sangat luas dan tak terhingga besarnya, Anda mau pilih yang mana, segalanya tersedia, ketik saja satu kata kunci “mendaki gunung” sesuai passion Anda, maka akan bertebaran ribuan entri mendaki gunung di depan mata. 

Silahkan pilah dan pilih sesuka Anda lalu buatlah artikel berbeda sesuai dengan gaya tulisan sendiri, jika belum punya gaya, ya pakai saja gaya Anda yang biasa tanpa mengada-ada.

Dengan melakukan ‘jalan-jalan’ di dunia maya, wawasan kita yang tadinya biasa-biasa saja pasti  akan diperkaya. Tak hanya dari sisi pengetahuan, namun Anda juga bisa mengintip gaya tulisan hingga desain blog orang lain yang bisa Anda adopsi.

3. Lakukan Sekarang Juga Jangan Ditunda-Tunda


Menulis Hal Yang Biasa Menjadi Luar Biasa
Saya sudah sampaikan diatas bahwa “ kalau menulis itu tidak dipaksa kapan akan menjadi bisa agar menjadi terbiasa”. Kalau Anda tidak setuju pendapat saya hapus saja dari  fikiran Anda, beres kan..!.

Sekarang ganti saja paradigmanya  "jadikan menulis itu sebagai kegiatan biasa-biasa saja, tanpa beban tanpa tekanan, tulis saja apa yang ingin Anda tulis". Apa yang ada dalam fikiran..tuliskan saja, ga perlu banyak-banyak, cukup satu atau dua paragraph, lebih juga gak apa-apa, kalau gak puas tambahin aja lagi, masih belum puas sediakan kertas lagi, kalau udah cape ya istirahat lah, jalan-jalan keluar sana, atau tidur saja..kan enak tuh.

Kalau sudah merasa fresh silahkan baca lagi tulisan Anda entah hari itu juga atau besok paginya…baca…ulangi…baca…ulangi..!

Anda akan temukan sensasi dari karya tulisan Anda sendiri, enak dibaca menurut Anda, atau malah bingung sendiri membacanya.

Kalau sudah enak membacanya, segera luncurkan ke dunia, bila masih bingung segera perbaiki.

Coba saja…!

Saya yakin akan ditemukan hal luar biasa dari apa yang Anda tulis hari ini.

Salam Bahagia

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik bahasan