MENULIS APA YANG INGIN DITULIS...DAH GITU AJA.

Powered by Blogger.

Monday, January 15, 2018

Lapor Dulu Ke Jenderal Google Webmaster Dan Komandan Bing Webmaster


Lapor Dulu Ke jenderal Google Webmaster dan Komandan Bing Webmaster

Salam Hangat

Judul Blog 

Saya suka bingung sendiri dan gak habis pikir kalau judul blog yang saya buat susah dipanggil, sering tidak mau nongol baik itu di mesin pencari Google maupun di mesin pencari  Bing. Misal saya ketik  kata Jentera  (nama blog saya pribadi ) maka yang muncul adalah para jentera yang tak ada kaitannya sama sekali dengan blog saya,, ada sesuatu yang salah atau..?

Bener-bener gak ngerti..

Ambil saja contoh seperti ini, saya ketik kata Jentera sesuai dengan nama blog saya, maka yang muncul seperti ini :


Lapor Dulu Ke Jenderal Google Webmaster Dan Komandan Bing Webmaster
Gambar 1

Dari Gambar 1 diatas tidak ada sama sekali jentera milik saya , tapi begitu di enter.., eh yang ngejebreng kebawah tuh lagi--lagi muncul judul-judul jentera yang tidak saya kenal. Nama Jentera yang saya cari jauh panggang dari api...kasihan banget..!

Ini dia gambarnya :

Lapor Dulu Ke Jenderal Google Webmaster Dan Komandan Bing Webnaster
Gambar 2.

Kenapa di Gambar 2 bisa begitu susunannya, terus bila ditelusuri lagi ke bawah, ada daftar  penelusuran yang berkaitan dengan Jentera, seperti ini :

Lapor Dulu Ke Jenderal Google Webmaster Dan Komandan Bing Webmaster
Gambar 3.

Lha... yang punya aku,..manaaa...?


Hal-hal semacam begini yang bikin saya suka frustasi, masak cuman mau manggil Jentera saja kudu ditulis lengkap https://wwwjentera.blogspot.co.id/..panjang amat, gak efisien.

Tapi keinginan untuk mencari penyebabnya membuat saya tertantang, pasti ada sesuatu yang belum selesai dengan apa yang sudah kita lakukan saat memulai pertama kali ngeblog.

Perasaan senang dan gembira kalau sudah berhasil buat blog itu boleh-boleh saja,  membuat artikel terus publish juga bagian dari kesenangan juga, tapi apakah blog dan tulisan  yang barusan kita buat itu bakalan langsung nongol di mesin pencari saat dipanggil ? ternyata kagak.

Mesti ada langkah-langkah lanjutan yang sebaiknya dilakukan untuk menyempurnakan blog kita. Tidak sedikit para Blogger berbagi tips dan panduan  yang dapat membantu kesulitan kita, terus apa langkah pertamanya ?.

Ini dia..

Lapor Dulu Ke Jenderal Google Webmaster 

Lapor Dulu Ke Jenderal Google Webmaster Dan Komandan Bing Webmaster
Jadi begini, setelah kita berhasil membuat blog, apakah itu blog berbasis platform Wordpress maupun Blogger maka wajiblah kita melapor agar blog kita dikenali identitasnya sama mesin pencari.

Jenderal Google Webmaster ini memang sudah sangat terlatih, kalau laporan kita akurat, tepat dan terpercaya maka sang jenderal akan dengan sigap merespon laporan kita. Laporan bisa diproses tidak dalam hitungan hari, mungkin hanya beberapa jam saja, dan web kita bakalan ajeg duduk di rumahnya.

Ini buktinya :

Lapor Dulu Ke Jenderal Google Webmaster Dan Komandan Bing Webmaster
Gambar 4.Verifikasi Blog Dari Google Webmaster
Dipikir-pikir bener juga ya, bila diibaratkan kita ini pendatang baru terus mau tinggal cukup lama di kampung yang ketua RT nya pak Google Webmaster, maka wajiblah kita lapor, tujuannya sih sederhana, siapapun yang mencari diri kita, pak RT akan segera menunjukan posisi sang pelapor berada. ya kan..!

Oleh karena itu laporlah segera, Jenderal Google Webmaster akan segera merespon laporan Anda

Percaya atau tidak ?, saya mempraktekan ini semua atas petunjuk para suhu Blogger yang bertebaran di internet, satu diantara pilihannya adalah dari blognya Mas Isparmo.

Mengapa saya rekomendasikan Mas Isparmo, terus terang saja panduannya sederhana , blognya bersih, tulisannya rapih dan size font nya cukup gede, maklum saya berkacamata.

Anda bisa mengikuti panduannya tahap demi tahap, cocok bagi pemula, mau buat blogspot atau wordpress, mau buat yang gratisan atau berbayar, panduannya maknyoss kok.

Namun apakah nama blog Jentera saya akan segera muncul saat dipanggil oleh pembaca ?, belum tentu juga, karena di kampung yang saya sebutkan tadi sudah terdaftar nama-nama jentera lain yang lebih dulu bermukim lama disana, terus mereka punya reputasi baik di mata pak RT, maka barang siapa yang memiliki reputasi baik, dia lah yang dimunculkan hingga menduduki halaman pertama di mesin pencariannya.

Dari sini saya baru paham mengapa si Jentera milik saya kudu berkelakukan baik dan mesti membangun reputasi baik pula agar sejajar dengan jentera-jentera lainnya.

Berikutnya adalah..

Segera Menghadap Ke Komandan Bing Webmaster 

Lapor Dulu Ke Jenderal Google Webmaster Dan Komandan Bing Webmaster
Mengapa musti lapor ke Bing Webmaster juga ?, karena Bing merupakan mesin pencari yang diminati pula selain Google dan Yahoo, nah istimewanya kalau blog kita sudah terdaftar dan terverifikasi di Bing Webmaster maka secara otomatis juga akan terindeks di Yahoo.

Namun ada yang berbeda dari Bing Webmaster ini, dari sisi kecepatan mengindex belum secepat Google Webmaster tapi keduanya punya fungsi yang sama. Para blogger pasti memerlukan keduanya.

Syarat lain untuk bisa masuk ke kampung Bing Webmaster dan menghadap komandannnya, kita harus memiliki akun hotmail Microsoft, kalau soal buat akun Microsoft mah gampang lah ngebuatnya juga banyak panduannya, sedangkan kalau masuk ke kampung Google Webmaster cukup tunjukan identitas akun gmail yang kita punya.

Saya mencoba masuk ke kedua kampung besar ini dengan dua identitas berbeda, Jenderal Google dan Komandan Bing menerima kedatangan saya dengan terbuka.

Ini buktinya kalau saya sudah diberi tempat layak sama komandan Bing Webmaster di rumahnya :


Lapor Dulu Ke Jenderal Google Webmaster Dan Komandan Bing Webmaster
Gambar 5. Verifikasi Blog Dari Bing Webmaster

Bagaimana tata cara masuknya, saya berikan panduan dan tutorial sederhananya dari blognya mas Muhamad Budiman

Enak bener bacanya dan mudah mempraktekannya apalagi dilengkapi dengan panduan You Tube...top banget dah..!

Kini uneg-uneg dan kebingungan saya terjawab sudah. Blog pribadi yang saya buat untuk belajar nulis sudah saya daftarkan di dua mesin pencari raksasa, dan keduanya sudah memverifikasinya, tinggal bagaimana saya kudu meningkatkan kemampuan menulis agar keterampilan terus meningkat dan memiliki reputasi yang baik di mata mesin pencari.

Reputasi menulis yang baik itu seperti apa ya ?

Saya juga masih mikir gimana caranya.

Menulis saja apa yang ingin kita tulis


Salam Bahagia

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik bahasan